Uncategorized

SERAHKAN LHKP LPPD, HULU SUNGAI SELATAN KEMBALI PERTAHANKAN PREDIKAT WTP HINGGA 11 KALI BERTURUT-TURUT

Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM, didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HSS H. Akhmad Fahmi, SE, dan Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, menghadiri Kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.
Kegiatan yang digelar di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Kalsel tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati, Walikota, Ketua DPRD, dan Sekretaris Daerah se-Provinsi Kalsel. Selasa (07/05/2024).
Pada kesempatan itu Pemkab HSS kembali menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Wilayah Provinsi Kalsel Tahun 2023 dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dalam sambutannya Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel Rahmadi S.E., M.M., Ak.,CA, CSFA, menyampaikan bahwa 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel telah menyajikan secara wajar dalam segala hal yang material, posisi keuangan tanggal 31 Desember 2023, dan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan atau dengan kata lain “Wajar Tanpa Pengecualian, atau Unqualified Opinion, atau WTP”.
“Kami ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Kotabaru. Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut. Kabupaten Balangan. dan Kabupaten Barito Kuala atas perolehan opini WTP dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah”, ucapnya.
Lebih lanjut dirinya menuturkan bahwa Opini WTP merupakan salah satu indikator penilaian keberhasilan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah Dengan opini WTP ini juga diharapkan pemerintah daerah terus bekerja keras dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.
“Sehingga dapat terciptanya tata kelola keuangan daerah yang bersih, akuntabel dan transparan Selain itu, opini WTP menunjukkan telah terciptanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan yang terus memberikan masukan melalui rekomendasi hasil pemeriksaan dan memantau tindaklanjutnya agar kualitas laporan keuangan semakin lebih baik”, tuturnya.

Sementara itu Pj. Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM, dalam wawancaranya bersama awak media mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas limpahan rahmat-Nya sehingga Pemkab HSS dapat kembali meraih predikat WTP sebanyak 11 kali berturut-turut.
“Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa untuk Bumi Rakat Mufakat, dan tentunya ini menjadi sebuah tanda bahwa sinergisitas yang sangat antara Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten HSS”, ucapnya.
Dengan capaian Predikat WTP ke-11 kali berturut-turut ini kita berharap agar tata kelola keuangan Pemkab HSS yang baik ini dapat terus kita pertahankan.
“Semoga dengan tata kelola keuangan yang baik ini, kesejahteraan masyarakat Kabupaten HSS bisa terus kita tingkatkan”, ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut juga turut berhadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten HSS, Inspektur Daerah Kabupaten HSS, beserta jajaran Inspektorat Daerah Kabupaten HSS, dan jajaran Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten HSS.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *