Uncategorized

PJ BUPATI HULU SUNGAI SELATAN MENUTUP SECARA RESMI KULIAH KERJA NYATA (KKN) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) DARUL ULUM KANDANGAN ANGKATAN XXV

Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM Menghadiri sekaligus menutup secara resmi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah tinggi Agama Islam (Stai) Darul Ulum Kandangan Angkatan XXV Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 bertempat di Kampus gedung II Stai Darul Ulum Kandangan, Jln Rantauan Gambah Luar Kec Kandangan (20/03/2024).
Penutupan secara simbolis ini sebagai tanda berakhirnya program KKN yang beberapa bulan lalu telah dilaksanakan di 4 Kabupaten yang ada di Kalsel dan 6 Kecamatan di Kab HSS.

Dalam Sambutannya Ketua STAI Darul Ulum Kandangan H Mukhsin Aseri, KKN Angkatan yang ke XXV telah berjalan dengan tertib dan lancar dengan pola atau model KKN yang terbagi 2 yakni KKN reguler dalam arti 60 hari kemudian model KKN seratus hari. KKN seratus hari ini di khususkan untuk para ustadz pondok pesantren dan mereka yang berstatus ASN dan P3K.
Pelaksanaan KKN ini terbagi 2 pertama melalukan program wajib berupa bimbingan wajib baca Al Qur’an dan bimbingan sholat kemudian program pokok, program pokok terdiri dari bidang sosial keagamaan dan kemudian lintas sektoral yakni seperti penyuluhan dan sosialisasi pencegahan kekerasan anak dan wanita termasuk juga pencegahan narkoba.
“Mahasiswa peserta KKN selama berada di KKN banyak mendapatkan pengalaman baru di masyarakat mereka melaksanakan dan mempraktekkan ilmu dan keterampilan mereka yang sudah di peroleh di perguruan tinggi STAI ini tentu mereka di lokasi menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan nya masing-masing,” ucapnya.
Ketua STAI merasa senang karena di akhir masa penutupan KKN karena banyak para kepala desa tokoh masyarakat yang merasa terbantu, dan berharap agar kiranya kedepan di lokasi tersebut kembali ditempatkan lagi KKN. “Ini menunjukkan para mahasiswa yang berada di lokasi aktivitas diterima oleh masyarakat,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati HSS H. Hermansyah menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa bangganya kepada para mahasiswa peserta KKN Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan Angkatan ke 25 tahun akademik 2023-2024 atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama melaksanakan tugas pengabdian di masyarakat.
“KKN bukan hanya sekedar menyelesaikan tugas akademik semata tetapi juga kalian telah memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan masyarakat serta merupakan wujud nyata dari keperdulian kalian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar,”ucapnya
Beliau juga menyampaikan KKN yang telah dlaksanakan memiliki manfaat yang besar, karena para peserta KKN dapat secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.
“Tentu ini kalian mendapatkan berbagai pengalaman dan mengalami berbagai macam tantangan dan ini tentunya membentuk agar kalian menjadi insan yang lebih tangguh peka terhadap lingkungan dan bertanggung jawab besar,” tambahnya.
“Selamat atas keberhasilan yang telah kalian capai dalam menyelesaikan KKN ini, semoga ilmu dan pengalaman yang kalian dapatkan menjadi modal berharga untuk melangkah ketahap selanjutnya,” tutupnya.

Acara penutupan KKN ini juga dirangkai dengan Penyerahan dana hibah Pemkab HSS kepada STAI Darul Ulum Kandangan sebesar Rp 200.000.000,- dan penandatanganan Kerjasama antara BNNK dengan Kampus STAI Darul Ulum tentang Upaya pencegahan Narkoba
Turut hadir dalam acara tersebut, selain Penjabat Bupati HSS, Ketua STAI Darul Ulum Kandangan H Mukhsin Aseri beserta Dosen Pembimbing, Asisten, Kepala OPD, Kepala BNNK Kab HSS,serta mahasiswa peserta KKN.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *