Uncategorized

FGD RANCANGAN AWAL RKPD DAN RENJA 2025: KABUPATEN HSS SUSUN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DENGAN SINERGI ORGANISASI DAERAH

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Bappelitbangda HSS) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Awal RKPD dan Rencana Kerja (Renja) Serta Penyempurnaan Dokumen Sakip Perangkat Daerah Kab.HSS di Ratta Inn Hotel Banjarmasin, Kamis (11/01/2024).
FGD Rancangan Awal RKPD dan Renja Pada Tahun 2025 ini dilaksanakan selama 3 hari, 11-13 Januari, dan dibuka secara resmi oleh Plh. Bupati HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, yang diwakili Asisten III Administrasi Umum Drs. Efran, M.AP.

Dalam laporan Kepala Bappelitbangda Kab.HSS, M.Arliyan Syahrial, M.IP, disampaikan bahwa forum tahunan ini merupakan agenda yang diadakan oleh Bappelitbangda Kab.HSS sebagai institusi yang mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dengan organisasi perangkat daerah Kab.HSS. Rancangan awal RKPD Kab.HSS tahun 2025 disusun dengan pedoman beberapa peraturan perundang-undangan, antara lain Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perancangan pembangunan nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang pemerintahan daerah, serta beberapa petunjuk seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi peraturan daerah tentang RPJPD, RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.
“Rancangan RKPD Kab.HSS akan menjadi pedoman dalam menyusun penyempurnaan rancangan akhir kinerja perangkat daerah Kab.HSS dan pedoman kualitas pembangunan Kab.HSS. Selanjutnya, akan dijadikan kebijakan umum APBD Kab.HSS serta rancangan prioritas peraturan sementara kabupaten untuk kesempurnaan rancangan RKPD tersebut. Partisipasi dan masukan dari organisasi perangkat daerah diharapkan untuk memperkaya strategi yang telah ditentukan melalui kebijakan pemerintah dari pusat hingga tingkat kabupaten/kota,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Asisten III Administrasi Umum menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan FGD RKPD dan Renja PD serta penyempurnaan dokumen Sakip Perangkat Daerah di Kab.HSS. Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat pada kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi, terutama dalam penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Mari bersama-sama terus berperan aktif, melakukan pembenahan, mengambil langkah korektif pada masing-masing unit kerja, karena koordinasi semua pihak sangat diperlukan agar tujuan pelaksanaan reformasi birokrasi dapat segera terwujud,” ucapnya.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bappelitbangda beserta jajaran atas kehadiran dan fasilitasnya pada kegiatan ini. Semoga dengan sinergi dan kolaborasi kita bersama, Kab.HSS dapat maju dan berkembang,” tutupnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *