Uncategorized

PEMBINAAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN/KOTA SE-KALSEL DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Prov Kalsel) berkerjasama dengan Dispersip Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) dalam melaksanakan pembinaan perpustakaan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan, yang Bertempat di Dispersip Kab.HSS Selasa, (11/07/2023).
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dispersip Kab.HSS berserta jajaran. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan perpustakaan berjumlah sebanyak 50 (lima puluh) Pengelola Perpustakaan di Desa dan Sekolah yang ada di Kab.HSS.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat dan meningkatkan peran serta perpustakaan di Kabupaten/Kota se-Kalsel dalam memberikan akses pengetahuan dan informasi kepada masyarakat. Adapun Narasumber utama pada acara ini berasal dari Dispersip Prov Kalsel.

Wildan Akhyar selaku Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Prov Kalsel menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah upaya kolaborasi dari Dispersip Prov Kalsel bersama Dispersip Kab. HSS untuk menghasilkan sinergi yang lebih baik lagi.
“Tujuan kita pada kegiatan ini adalah bagaimana pengelolaan perpustakaan yang ada di Kalsel ini khusus nya di Kab.HSS itu dapat menjadi lebih maksimal lagi, lebih kompeten dan lebih profesional yang mana dulunya sudah baik akan menjadi semakin baik sehingga para perpustakaan ini bisa mengelola perpustakaan secara maksimal dan ujung terakhirnya siap di Sertifikasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut Beliau mengatakan Secara kelembagaan perpustakaan juga perlu juga disiapkan guna menuju agrinitasi, dimana salah satu syarat agrinitasi tersebut adaah pengelolaan perpustakaan yang profesional dan juga tentunya kelengkapan insfratruktur yang memadai untuk membuat perpustakaan itu lebih menarik lagi bagi masyarakat supaya bisa meningkatkan minat di perpustakaan tersebut.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.HSS H. Tajiddin Noor, S.Sos, M.IP. dalam wawancaranya juga menyampaikan rasa syukur atas kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.
“Alhamdulillah kami sangat bersyukur karena sesuai visi misi Pemerintah Kab.HSS khususnya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat di Kab.HSS ini dapat terlaksana melalui kegiatan ini, yang mana merupakan buah dari kerjasama, kolaborasi kita dan hari ini telah terjadwal di Kab.HSS, dan kami mengundang juga beberapa jenis perpustakaan, yaitu perpustakaan desa, sekolah dan perpustakaan umum yang ada di Kab.HSS,” ucapnya.
Kadis Dispersip HSS juga berharap dengan kerjasama dan kolaborasi yang baik ini nantinya akan memungkinkan untuk terjadinya peningkatan pengelolaan manajemen perpustakaan yang lebih baik lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *