Uncategorized

H. ACHMAD FIKRY APRESIASI WISUDA SANTRI-SANTRIWATI MDT SE-KABUPATEN HSS YANG DI GELAR KOMPLEKS PONPES DALPA KANDANGAN

Sebanyak 196 Santri-Santriwati Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengikuti acara tasyakuran dan wisuda yang dilaksanakan di Kompleks Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan (MDT Al Busyra). Minggu (11/6).
Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, turut hadir Ketua Dewan Mesjid Kab. HSS H. Muhammad Thaha, S. Sos yang juga mewakili Ketua MUI Kab. HSS, serta Para Perwakilan Forkopimda HSS.

Kesempatan itu juga, dihadiri Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Syairazi Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan, Para Alim Ulama, Ketua FKDT Forum Komunikasi MDT cabang kabupaten HSS Ustadz Fahmi Jarkasi, M. Pd.i, Para Pengurus Ponpes Dalpa Kandangan, Para Kepala MDT seKabupaten HSS, Ustadz Ustadzah dan para santri santriwati yang mengikuti wisuda serta para orang tua.
Ustadz Ridhaul Hasani selaku panitia pelaksana menyampaikan acara wisuda santri santriwati Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan digelar yang kedua kalinya, dan pada kali ini peserta yang ikut wisuda berjumlah 196 orang yang berasal dari 13 Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
“dan yang terakhir permintaan ribuan kalimat maaf atas segala kekurangan dari kami dari segi penyambutan, jamuan, tempat dan sebagainya jika terdapat kehilafan dan kesalahan kami memohon maaf,”menutup laporannya.

Ketua FKDT Forum Komunikasi MDT cabang kabupaten HSS Ustadz Fahmi Jarkasi, M. Pd.i, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada panitia kepada Madrasah Diniyah Takmiliyah kepada pengasuh pondok pesantren dalam pagar yang Alhamdulillah pada tahun ini kembali berkenan dan memberikan fasilitas kepada seluruh Santri Santriwati yang akan wisuda tahun ini mudah-mudahan semua yang telah diberikan untuk fasilitas dan sebagainya Allah yang akan memberikan ganjaran yang sebesar-besarnya.
Kemudian yang kedua, terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan, yang Alhamdulillah selama beliau menjabat sampai sekarang terus dan senantiasa memberikan dukungan motivasi untuk keberlangsungan dan kemajuan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
“Alhamdulillah tahun ini kita melaksanakan untuk ujian dan wisuda bersama untuk tahun kedua, tahun pertama 146 santri-santriwati dan tahun ini Alhamdulillah ada peningkatan 196 santri santriwati serta untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah yang ikut kegiatan ujian bersama nasional tahun yang lalu 11, untuk tahun ini Alhamdulillah 13”,ungkapnya.
“Dan kita berdoa mudah-mudahan tahun tahun mendatang semua Madrasah Diniyah Takmiliyah akan mengikuti ujian dan wisuda bersama se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan”, kata Ustadz Fahmi.
“Alhamdulillah untuk tahun ini, kita sudah menambah satu Madrasah Diniyah Takmiliyah di Daha Utara, sudah berdiri baru 2 atau 3 bulan dan mudah-mudahan untuk yang akan datang akan berdiri dan terlaksana madrasah-madrasah Diniyah Takmiliyah tiap kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan”,ucapnya.
“selamat berbahagia kepada para wisudawan, santri dan santriwati serta para orang tua”, kata Ustadz Fahmi menutup sambutannya.
Bapak Zainuddin, M.Pd.i selaku perwakilan dari para orang tua, mengatakan kami mewakili seluruh orang tua santri dan santriwati MDT seKabupaten HSS mengucapkan terima kasih dan memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh ustadz ustadzah seKabupaten HSS.
“yang telah mendidik anak anak kami sehingga mereka bisa menyelesaikan pendidikan mereka di MDT dan kami juga mengucapkan selamat kepada anak-anakku yang pada hari ini sukses menyelesaikan ujian dan bisa wisuda pada hari ini, mudah-mudahan ini adalah awal dari anak-anak kita semua untuk meraih sukses-sukses yang lebih lagi ke depannya . . Aamiin Ya Rabbal’alamiin”,kata Bapak Zainuddin.

Dalam sambutannya, Bupati HSS H. Achmad Fikry menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan wisuda santri santriwati Madrasah Diniyah Takmiliyah seKabupaten HSS pada hari ini, “dengan harapan semoga para santri-santriwati kita yang hari ini wisuda bisa lebih meningkatkan kemampuannya terus dimasa-masa yang akan datang”,tambahnya.
Dikatakan juga, Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi keberadaan MDT ini, “kalau lagi dulu orang bilang sekolah arab setiap sore, sekarang namanya MDT dan sesuai dengan arahan Abah Guru sudah mengistruksikan kepada Dinas Pendidikan untuk bisa mengatur jadwal ekstra kurikuler di sekolah tidak bertabrakan dengan jadwal sekolah di MDT”,kata Bupati.
“Karena kami sadar pendidikan agama di sekolah pemerintah itu sangat terbatas, selain jam nya terbatas dan juga mungkin penerapan dengan hal hal berkaitan bersifat praktek sangat jarang disekolah, sehingga melalui MDT ini kita bisa mengawal anak anak kita”,jelasnya.
Dikatakan pula, selain mereka di pagi hari di sekolah, sore hari mereka bisa mendapatkan tempat pembelajaran keagamaan melalui MDT, “izinkan sekali lagi kami dari pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada TGH. Ahmad Syairazi dan semua MDT untuk terus mensupport dalam keberadaan MDT dan mengawal para santri santriwati kita untuk bisa mendalami ilmu agama”,ucap Bupati.
“InsyaAllah nanti kami melalui kebijakan pemerintah mendorong para camat di 11 kecamatan untuk bersama-sama masyarakat kecamatannya, agar mendirikan MDT sebagai alternatif pilihan untuk memberikan pengetahuan agama kepada anak-anak kita”,kata Bupati kepada semua yang berhadir.
“Kita juga tidak bisa menghindar sekarang dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, kita berharap dari MDT ini bisa mengawal anak-anak kita dalam menggunakan alat alat gadget dengan arif dan bijaksana”,tuturnya.
“kepada Ustadz Ustadzah dan pengasuh kiranya teknologi ini bisa disampaikan kepada anak-anak kita sejak dini, sehingga pada saat mereka terus berkembang remaja dan dewasa bisa menyikapi gadget dengan arif serta bijaksana”,harap Bupati.

Masih dalam sambutannya, kegiatan wisuda hari ini adalah yang terakhir kami ikuti, mungkin tahun depan saya bukan lagi Bupati, “izinkan dikesempatan baik ini, mengucapkan terimakasih khususnya kepada TGH. Ahmad Syairazi beserta keluarga dan keluarga besar Pondok Pesantren Dalpa yang selama ini terus bersama kami hingga mensupport dan mendoakan, sehingga tugas tugas kami tidak terasa berjalan hampir 10 tahun tinggal menghitung bulan”,ungkap Bupati
“Demikian juga kepada seluruh Pondok Pesantren dan MDT yang selama ini bersama kami sekaligus memohon maaf, apabila selama kita bersama 10 tahun ada hal yang mulai berkenan dan harapan harapan yang belum kami fasilitasi karena keterbatasan waktu dan keterbatasan anggaran yang ada pada pemerintah daerah”,tambahnya.

TGH. Ahmad Syairazi, dalam kesempatan baik itu, juga mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini, “sukses dan berkah kepada santri-santriwati yang di wisuda, mudah-mudahan pian menjadi anak yang sholeh sholeha”,teriring doa dari Abah Guru H. Ahmad Syairazi.
“yang mana disebutkan dalam Al Qur’an : ketika kalian sudah punya modal yaitu belajar ilmu agama dari kecil, insyaAllah kalian berjalan lurus di rel nya yang sudah diterapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu agama islam dengan bimbingan Nabi Muhammad SAW, dan kalian nantinya dapat memberikan manfaat kepada orang lain terutama kepada orang orang yang ada disekitar kita”, kata Abah Guru.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *