Uncategorized

PEKAN NASIONAL TANI NELAYAN DI PADANG, HSS KIRIM 42 PESERTA

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP melepas 42 petani dan nelayan yang akan mengikuti Pekan Nasional (Penas) Tani dan Nelayan ke-XVI di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 10-15 Juni 2023.
Pelepasan Petani dan Nelayan ditandai dengan penyerahan Bendera Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry kepada Ketua KTNA Kab. HSS H. Abdul Majid di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kab. HSS, Rabu (07/06).

Bupati HSS H. Achmad Fikry berharap kegiatan Penas Tani Nelayan dijadikan ajang untuk bersilaturahmi, dan mencari berbagai informasi dan pengalaman sehingga ketika pulang dapat diterapkan di HSS untuk meningkatkan pertanian.
“Semoga kegiatannya lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi Hulu Sungai Selatan,” tutur beliau.

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Kab. HSS, kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan ke XVI di Sumatera Barat Padang merupakan forum pertemuan petani nelayan dan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

Peserta yang akan mengikuti Penas Tani berjumlah 42 orang terdiri dari peserta utama sebanyak 36 orang yang mewakili unsur kelompok tani nelayan andalan kabupaten dan kecamatan, alumni magang Jepang, Perhiptani, petani milenial, petani berprestasi dan penyuluh, serta peserta pendamping sebanyak 6 orang dari Dinas Pertanian Kab. HSS.
Kegiatan yang akan diikuti peserta Penas Tani antara lain :
1. Rembug madya dan rembug utama
2. Temu profesi
3. Temu sukses petani dan penyuluh
4. Expo pembangunan pertanian
5. Temu usaha agribisnis
6. Gelar dan temu teknologi
7. Peragaan, unjuk tangkas dan asah terampil
8. Studi banding dan widyawisata
(Kominfo-HSS/Agtf/07062023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *