Uncategorized

BUPATI HSS BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PADA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN HARI OTONOMI DAERAH KE 27 TAHUN 2023

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke XXVII Tahun 2023 dilangsungkan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Tepatnya, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Kecamatan Kandangan, Selasa (2/5/2023).

Dalam upacara peringatan tersebut, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP bertindak selaku inspektur upacara, adapun tema dari Peringatan Hardiknas kali ini “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, sedangkan untuk Peringatan Hari OTDA adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.
Momentum peringatan ini, juga dihadiri Ketua DPRD Kab HSS H. Akhmad Fahmi, SE, Sekretaris Daerah Kab HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Ketua Dharma Wanita Kabupaten HSS Hj. Ellyani Yustika M. Noor, dan Para undangan serta seluruh peserta upacara.

Sebelum upacara peringatan dimulai, para undangan dan peserta barisan di berikan penampilan vokal dan biola yang dibawakan oleh pelajar SDN Kandangan Kota 1 yang menjadi juara festival & lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Bupati HSS H. Achmad Fikry dalam amanatnya selaku inspektur upacara, mengatakan masih dalam momentum ramadhan yang baru saja berlalu, “saya atas nama pribadi, keluarga, maupun selaku Bupati Hulu Sungai Selatan, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri Tahun 1444 Hijriah. Minal Aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. semoga ibadah puasa yang kita laksanakan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kita semua termasuk golongan yang bertaqwa serta kembali suci di hari yang fitri”, ungkap Bupati.
Pada kesempatan ini, Bupati HSS mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. “melalui peringatan ini mari kita bersama – sama menjadikannya sebagai momentun untuk terus berbenah dan menyempurnakan kualitas pendidikan di daerah kita tercinta. saya percaya dengan peran aktif semua pihak, maka pendidikan kita akan dapat semakin baik lagi kedepannya”,tambahnya.
selanjutnya Bupati HSS, meneruskan apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada Peringatan Hari Pendidikan Tahun 2023, dimana dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. dengan merefleksikan hal – hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.
kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama indonesia ini. perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar – benarnya dalam belajar dan bercita – cita.
“mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”,masih dalam pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bupati HSS juga mengatakan pada hari ini kita juga memperingati Hari Otonomi Daerah ke – 27 di Tahun 2023. dimana tema peringatan kali ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. Diharapkan melalui peringatan ini dapat memberikan makna bagi kita semua untuk terus berkontribusi bagi kemajuan daerah kita.
“Alhamdulillah pada peringatan hari Otonomi Daerah ke – 27 tingkat nasional di Makassar kemarin, kita mendapatkan penghargaan dari menteri dalam negeri, sebagai 10 besar kabupaten se indonesia berdasarkan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EPPD) tahun 2022, dengan status kinerja tinggi. hal ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus merupakan hasil jerih payah semua pihak. semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan dorongan bagi kita untuk terus berinovasi dan bersemangat dalam memajukan daerah serta memberikan dampak positif bagi masyarakat”,ungkap Bupati.
pada kesempatan baik ini juga, Bupati HSS meneruskan apa yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri pada peringatan hari otonomi daerah ke – 27, dimana sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan otonomi daerah pada hakekatnya adalah pemberian sebagian besar kewenangan, khususnya kewenangan konkuren yang diberikan kepada daerah. dengan dilaksanakannya otonomi daerah, sistem pemerintahan berubah dari sentralistik menjadi desentralistik, namun bukan merupakan desentralisasi penuh, melaikan desentralisasi sebagian.
selain itu, kepala daerah diminta untuk mengambil langkah – langkah prioritas melalui peningkatan iklim investasi di daerah, mendorong penggunaan produk dalam negeri (p3dn) melalui belanja apbd, serta memastikan kebebasan untuk memeluk dan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan sebagaimana yang dijamin oleh konstitusi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *