Uncategorized

TAUSYIAH KHATAMAN AL-QUR’AN BULANAN PEMKAB HSS : TGH. JAMHARI MUHDIN UNGKAP KEISTIMEWAAN MALAM LAILATUL QADAR & ZAKAT FITRAH

Pagi ini bertempat di Musholla Asy-Syifa, Sekretariat Daerah Kabupaten HSS kembali dilaksanakan Khataman Al-Qur’an rutin yang dilaksanakan sebulan sekali lingkup Setda HSS. Sebagaimana biasa selesai khataman, kegiatan juga diisi dengan pengajian berupa tausyiah yang kali ini disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS, TGH. Muhammad Jamhari Muhdin. Hadir dalam kegiatan ini Bupati Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dan Sekretaris Daerah, Drs.H. Muhammad Noor, M.AP. (Jumat,14/04).

Dalam tausyiahnya, TGH. Jamhari Muhdin mengungkapkan tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar.
“Menjaga datangnya malam Lailatul Qadar itu, tidak sekedar berjaga di depan rumah, tetapi maksudnya adalah kita banyak melakukannya dengan banyak melakukan ibadah khususnya sholat malam. Dua rakaat saja sholat sunnat pada saat malam Lailatul Qadar turun, pahalanya sama seperti seribu bulan berperang fisabilillah, apalagi kalau lebih” ungkapnya, sehingga berharap agar kaum muslimin tidak menyia-nyiakan malam istimewa ini.

Tak terkecuali disinggung pula pentingnya mengeluarkan zakat fitrah bagi diri masing-masing pada saat menjelang Hari Raya.
“Pentingnya zakat fitrah itu dilakukan, karena tidak ada waktu di lain hari untuk membayarnya, kecuali sudah ditentukan yaitu pada saat Idul Fitri saja. Jangan sampai terlewat, karena tidak akan dianggap sebagai fitrah lagi, hanya sedekah biasa” paparnya.

Ditambahkannya saking penting dan tingginya nilai zakat fitrah yang hanya sebanyak sehari makan itu, ia tidak bisa digantikan dengan apapun, bahkan kalau dengan menggantinya dengan cara memerdekakan 1000 hamba sahaya sekalipun.
Seperti biasa kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Pengajian Bulanan ini, diikuti oleh para Asisten, Staf Ahli, para Kepala Bagian dan karyawan-karyawati lingkup Setda HSS.
(Kominfo-HSS/AJP/14042023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *