Uncategorized

SERAHKAN BANTUAN PERBAIKAN RUMAH, BUPATI KUNJUNGI LANGSUNG KORBAN BANJIR MALINAU

Banjir bandang yang terjadi pada hari Kamis lalu yang menimpa warga Desa Malinau Kecamatan Loksado telah menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah warga. Bahkan salah satu rumah yang ada di bagian paling depan benar-benar ambruk terbawa arus air. Siang ini Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs. H. Achmad Fikry, M.AP meninjau langsung lokasi kejadian sekaligus mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada para warga yang mengalami musibah. (Senin, 20/03).

“Alhamdulillah siang ini kita bisa sedikit memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah. Bantuan yang kami berikan hari ini adalah bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak akibat banjir. Sesuai protap pasca kejadian untuk bantuan cepat tanggap darurat, sebelumnya juga sudah ditangani langsung oleh tim Dinas Sosial, BPBD dan pihak desa. Bantuan yang kami berikan hari ini adalah sudah melalui verifikasi lapangan, jadi besarannya sesuai dengan tingkat kerusakan” tutur Bupati.

Terkait salah satu rumah yang rusak total dan hanyut terbawa air, Bupati menyampaikan bahwa memang lokasinya sangat tidak ideal, karena tepat berada di bibir dan tikungan sungai, sehingga sangat berisiko terkena terjangan banjir.
“Yang paling aman dan pas sebenarnya adalah relokasi, karena sangat berisiko kalau rumahnya tetap disini. Namun kalau mereka tidak punya lahan di tempat lain, memang sulit juga. Kita akan kaji bersama Dinas PUTR untuk langkah ke depan, termasuk usulan warga untuk pembuatan bronjong sungai, apakah memungkinkan bisa menahan air atau tidak” tambahnya.
Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala BPKPD, Drs. Nanang Fahrurrazi, MN,M.Si, Kepala Dinas PUTR Teddy Soetedjo, ST,MT, Kalak Penanggulangan Bencana Daerah, Kusairi, S.Sos, M.IP, Camat Loksado Ahmad Busairi, S.STP, Kapolsek, Jajaran Dinas Sosial dan Kepala Desa Malinau.
(Kominfo-HSS/AJP/20032023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *