Uncategorized

KENDALIKAN INFLASI SEKALIGUS MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT JELANG BULAN SUCI RAMADHAN, PEMKAB HSS GELAR PASAR PANGAN MURAH

Kamis (16/3). Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan upaya pengendalian inflasi sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sembako untuk masyarakat jelang bulan suci ramadhan maka digelar pasar pangan murah.
Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M. AP didampingi Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M. AP meninjau kegiatan pasar pangan murah yang diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS. Bertempat di lingkungan Mesjid Besar Nagara, Kecamatan Daha Utara.

Turut ikut dalam peninjauan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS Ir. H. Mawardi, Kepala Dinas Perdagangan Kab. HSS Sudiono, ST, M. Si, Forkopimda, Forkopimca, dan pihak terkait.
Kegiatan ini juga digelar atas support dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan6 Perindustrian (Disnakerkop UKMP), dan pada kegiatan ini pula bekerjasama dengan distributor seperti Indomaret dan Wingsfood serta Bulog.
Selain sebagai upaya dalam mengendalikan laju inflasi di daerah, kegiatan pasar pangan murah ini juga untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan dengan harga yang terjangkau.

Dalam wawancaranya, Bupati HSS H. Achmad Fikry mengatakan hari ini digelar pasar pangan murah dalam rangka menjelang bulan suci ramadhan, “Alhamdulillah antusias masyarakat cukup banyak, mudah-mudahan barang yang kita siapkan bisa mencukupi, kalau beras ada 4 ton yang disiapkan”,ungkap Bupati.
“Kami sering mengatakan ini wujud sinergitas kita antara Pemerintah Daerah, TNI dan Polri untuk memastikan pada saat masyarakat butuh kita ada, jelang ramadhan ini mereka butuh beras kita ada, tentu dengan harga terjangkau “,kata bupati.
“Setelah ini kita akan evaluasi lagi, kalau ketahanan pangan berkeliling dengan pasar murah TTI namun hari ini pasar pangan murah terpadu, nanti kedepan kita liat titik mana yang harus kita intervensi dan apa yang masyarakat butuhkan, kalau diperlukan adalah beras kita bekerjasama dengan bulog dalam hal beras, mudah-mudahan dapat membantu masyarakat”,tuturnya.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada Kapolres yang hari ini diwakili, Dandim juga yang diwakili, Danramil dan Kapolsek serta camat yang mengkoordinir masyarakatnya untuk datang kesini, asal masyarakat tertib insyaAllah barangnya ada.
Masih dalam wawancara Bupati, menyampaikan bulan ramadhan nanti akan masih tetap jalan kegiatan seperti ini, “insyaAllah mulai hari senin masyarakat yang menerima program beras sejahtera kita luncurkan sekalian 2 bulan, jadi mereka insyaAllah puasa dan hari raya idul fitri sudah tersedia beras”,jelasnya.
“Kepada masyarakat saya menghimbau mari kita masuki bulan ramadhan dengan penuh kesabaran, keihlasan dan jangan berlebihan pada bulan ramadhan, gunakan bulan yang penuh berkah ini beribadah dengan baik dan benar, tadarusan serta kurangi hal yang tidak perlu, agar semarak bulan suci ramadhan bisa kita nikmati bersama”,ucap Bupati.
“Demikian juga kepada remaja yang mungkin bergarakan sahur dan lain-lain, laporlah ke polsek apakah boleh, kalau misal boleh formatnya seperti apa agar tidak mengganggu orang”, kata Bupati.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS Ir. H. Mawardi, mengatakan ada beberapa OPD yang terlibat Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian (Disnakerkop UKMP) serta kami sendiri Dinas Ketahanan Pangan.
Dijelaskan, khusus beras kami koordinasi dengan kepala bulog cabang barabai, “hari ini kami menyediakan beras sebanyak 4 ton dalam kemasan 10 kg, untuk kami yang keliling pasar murah Toko Tani Indonesia (TTI) itu kami menyediakan karungan, jadi bisa membeli perkilo atau kelipatannya”,tambahnya.
“Untuk harga sendiri kami masing-masing menurunkan seperti harga beras, bawang, minyak goreng dan semua yang tersedia disini kita diskon hari ini”,ungkapnya.
Camat Daha Utara Dody Puryandhani, SE, M.M mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami, disaat kondisi sekarang harga sembako tinggi, “mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut kedapannya dan masyarakat kami sangat terbantu dengan adanya pasar murah seperti ini”,ungkap Camat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *