Uncategorized

WAKIL BUPATI HSS HADIRI RAKORNAS KEPALA DAERAH DAN FORKOPIMDA TAHUN 2023

Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, M.A, menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, Rakornas pada hari ini mengusung tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi. Bertempat di Sentul International Convention Center, Bogor, Selasa (17/01).

Dalam laporan pelaksana acara Rakornas yang disampaikan oleh menteri dalam negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, disampaikan bahwa Rakornas kali ini diselenggarakan sebagai upaya penanggulangan Inflasi yang terjadi di daerah.

“Pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal ketiga tahun 2022 dimana telah berhasil mencapai angka 5,72%. Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik sesuai dengan data BPS pada September 2022 angka inflasi berada pada 5.95%, kemudian pada bulan Oktober 2022 turun menjadi 5,71% dan November 2022 turun kembali menjadi 5,42% namun pada bulan Desember 2022 terjadi sedikit kenaikan menjadi 5,51% karena adanya pola Demand menjelang adanya Natal dan Tahun baru.” Ujarnya.

Adapun Presiden Repubik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang membuka acara Rakornas, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap capaian yang telah berhasil didapatkan, pasalnya bukan hanya dari sektor pandemi yang berhasil dikelola, namun dari sektor stabilitas ekonomi juga bisa dipertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik.
“Tapi meskipun kita bisa melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022, hati-hati di tahun 2023 ini masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi kita juga bagi ekonomi global, semuanya harus tetap hati-hati dan bekerja keras dalam mendeteksi informasi dan data-data yang ada dilapangan sehingga jangan sampai kita keliru untuk membuat kebijakan, sekecil apapun itu, kebijakan harus berdasarkan data dan fakta-fakta di lapangan.” Kata Beliau.

Rakornas kali ini terbagi menjadi 4 panel acara, diantaranya panel 1 tentang pertumbuhan ekonomi dan inflasi, panel 2 tentang penguatan investasi di instansi dan perijinan perusahaan, panel 3 tentang penanganan covid 19 stunting kemiskinan dan jaring pengamanan sosial, dan panel 4 tentang stabilisasi politik hukum keamanan pengawasan.

Acara Rakornas ini dihadiri oleh ribuan peserta yang terdiri dari seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati, Walikota, dan Seluruh Forkopimda Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *