Uncategorized

BUPATI SAMBUT BAIK KEINGINAN PENULIS YANG INGIN MEMBUAT BUKU BIOGRAFINYA

Selepas mengikuti Peringatan Hari Pahlawan Di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Banua di Kecamatan Padang Batung, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry langsung menerima tamunya. Mereka adalah 2 orang sastrawan dan penulis banua yang cukup ternama, yakni Iwan Yusi dan Aliman Syahrani. Kedatangan mereka untuk beraudiensi dengan Bupati, dalam rangka rencana pembuatan buku biografi orang nomor satu di Bumi Rakat Mufakat ini. Didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Hj. Siti Erma, S.Sos, M.AP, mereka disambut hangat oleh H. Achmad Fikry di ruang kerjanya. (Kamis,10/11).

Dalam kesempatan wawancara selepas pertemuan tersebut, Iwan Yusi menyampaikan bahwa rencana pembuatan biografi H. Achmad Fikry ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2021 yang lalu.
“Kami sudah pernah ungkapkan ide tersebut kepada beliau, dan beliau sangat setuju. Namun karena beberapa hal, baru kali ini bisa kami tindak lanjuti. Beliau adalah salah satu tokoh panutan warga HSS, yang sangat sayang kalau tidak diabadikan. Kami sebagai penulis tertarik untuk membuatnya dalam sebuah buku, sehingga bisa menjadi salah satu referensi dan bermanfaat bagi para generasi penerus” ungkapnya.

Ditambahkannya juga bahwa buku ini nantinya akan dibuat dalam gaya bercerita atau tutur, sesuai dengan status mereka sebagai sastrawan. Dan untuk menggali informasi yang dibutuhkan selain wawancara khusus dengan Bupati sendiri, pihaknya juga akan mencarinya dari berbagai pihak, seperti keluarga, kerabat, tetangga, bawahan dan kawan-kawan dari berbagai kalangan yang selama ini banyak bergaul dengan H. Achmad Fikry.

Sementara itu Aliman Syahrani menambahkan, pada pertemuan awal ini pihaknya sudah menyerahkan draf dasar dari susunan buku yang akan dibuat untuk dipelajari. Pihaknya akan menunggu informasi selanjutnya kalau dari draf tersebut ada yang perlu ditinggal atau sebaliknya ada yang ingin ditambahkan.
“Dari sisi seorang Kepala Daerah, ini mungkin akan menjadi biografi pertama yang dibuat, sehingga bisa dianggap sebagai pelopor atau percontohan. Kalau sudah jadi, buku ini nanti bisa dijadikan sebagai salah satu cinderamata atau souvenir, bagi setiap tamu luar daerah yang berkunjung ke HSS. Dan ini menjadi sebuah oleh-oleh yang monumental” ungkapnya.
Pembuatan Buku Biografi H. Achmad Fikry ini sendiri rencananya akan digarap selengkap mungkin dan akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan HSS. Dimana buku ini juga menjadi kado special buat Bupati H. Achmad Fikry di akhir masa jabatannya pada September 2023 yang akan datang.
(Kominfo-HSS/AJP/10112022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *