Uncategorized

PENYERAHAN SERTIFIKAT PTSL DI KECAMATAN ANGKINANG, BUPATI H. ACHMAD FIKRY: “JAGA DENGAN BAIK DAN MANFAATKAN UNTUK HAL PRODUKTIF”

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menghadiri acara penyerahan sertifikat kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Angkinang. Kamis (29/09).
Hadir pada kesempatan itu, Anggota Komisi II DPR RI Dr. M. Rifqinizamy Karsayuda, SH, LLM, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalsel Alen Saputra S.H, M.Kn, Plt. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS Taufik Rakhman, S.Kom, MT, Kepala Kemenag HSS Drs. H. M Yamani, M. Pd.I, Para Camat seKabupaten HSS, Para Staf Kantor Pertanahan Kab. HSS dan seluruh penerima sertifikat PPTSL.

Adapun pada kesempatan itu, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Anggota Komisi II DPR RI Dr. M. Rifqinizamy Karsayuda, SH, LLM, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalsel Alen Saputra S.H, M.Kn, menyerahkan secara simbolis kepada penerima sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Perorangan. Dari data sertifikat sebanyak 88 sertifikat terdiri 2 desa, yakni Desa Taniran Kubah sebanyak 47 sertifikat dan Desa Taniran Selatan sebanyak 41 sertifikat.

Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP berharap kepada penerima sertifikat PTSL agar menjaga sertifikat tersebut dengan baik dan dapat dimanfaatkan untuk hal produktif seperti modal usaha, “pilih Bank yang resmi, jangan memilih sembarang Bank karena bukan jaminan akan diperjual belikan mereka sertifikat bapak ibu miliki”,kata Bupati.
“Jangan mengeluh tidak mempunyai modal usaha, sertifikat itu memiliki ada nilai rupiah yang bisa digunakan, ini adalah langkah pemerintah untuk membantu masyarakat hak atas tanah kuat, yang kedua ada nilai ekonomis yang bisa dijaminkan ke Bank kalau itu diperlukan, namun jika tidak perlu jangan dijaminkan”,tambahnya.
Bupati HSS berharap semua tanah masyarakat di Hulu Sungai Selatan suatu saat pasti akan semuanya bersertifikat, “sehingga nanti saya sudah berdiskusi dengan Bapak Taufik selaku Plt. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS menghadapi tahun 2023, yang jangka pendek sampai bulan Desember nanti, tahun ini kita akan pacu yang belum”,ungkapnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *