Uncategorized

MASJID AL-ABRAR MENJADI TEMPAT AWAL PELAKSANAAN SAFARI MAULID PEMKAB HSS

Kegiatan rutin Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) menyambut Bulan Maulid tahun ini kembali akan digelar sebagaimana biasa. Seperti diketahui sejak wabah Covid-19 melanda kegiatan yang diberi nama Safari Maulid ini, sempat tertunda. Tahun lalu kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara berkeliling ke seluruh kecamatan ini cuma dilaksanakan di 3 tempat. Seiring Covid yang sudah mulai reda, maka Tahun 2022 ini Safari Maulid Pemkab HSS kembali akan dilaksanakan di seluruh kecamatan. Dan mengawali kegiatan Safari Maulid tahun iini adalah Kecamatan Kandangan, yang menunjuk Masjid Al-Abrar, Desa Gambah Luar sebagai tempat pelaksanaan. Kegiatan yang diselenggarakan selepas Dzuhur ini pun dihadiri langsung oleh Bupati Drs. H. Achmad Fikry, M.AP.(Kamis, 29/09).

Acara sendiri diawali terlebih dahulu dengan pembacaan Syair Maulid Al-Barzanji, yang dilantunkan oleh para Qari Al-Barjanzi yang didatangkan dari beberapa desa. Untuk pembacaan Al-Quran dilantunkan oleh Qari Terbaik HSS, Ahmad Kamaruddin. Ketua Pengurus Masjid Al-Abrar, Ustadz Yuseri Fauzi dalam pembukanya menyampaikan sekelumit sejarah dan status Masjid Al-Abrar yang kini banyak menjadi tempat studi, baik dari sekolah maupun Masjid daerah lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Drs. H. Achmad Fikry sempat menyerahkan Mushaff Al-Qur’an untuk Masjid Al-Abrar yang diterima oleh Ustadz Yuseri Fauzi. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan rasa gembira dan terima kasihnya kepada Camat Kandangan, Para Pengurus Masjid Al-Abrar dan masyarakat sekitar yang telah bersedia menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini.
“Kita patut bersyukur bahwa kegiatan ini bisa kembali kita laksanakan tahun ini. Masjid Al-Abrar ini merupakan masjid tua, dan dari sinilah Mazelis Dzikir bermula, sehingga sekarang banyak semarak di HSS. Semoga momentum Maulid Nabi SAW ini bisa kita jadikan sebagai media untuk mewujudkan kebahagiaan dunia dan akhirat” ungkapnya.
Sementara itu dalam tausyiahnya penceramah muda dari Nagara, Ustadz Zakaria Ansyari menyampaikan keutamaan orang yang mencintai Rasulullah SAW.
“Setampan apapun kita, sepintar apapun kita bahkan sekaya apapun kita di dunia ini, namun akhlak kita dengan Rasulullah tidak baik, maka percayalah hidup kita akan sengsara dunia akhirat. Karena hanya dengan mencintai Rasulullah kita akan diberikan kenikmatan dan keberkahan hidup” tuturnya.
Turut hadir pula pada kegiatan Safari Maulid ini Sekretaris Daerah, Drs. H.Muhammad Noor, M.AP, Ketua Dewan Masjid Indonesia HSS,Para Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah, Camat Kandangan, Kades Gambah Luar serta masyarakat sekitar. Acara diakhiri dengan makan jamuan bersama, setelah sebelumnya didahului dengan pelaksanaan Sholat Ashar Berjama’ah.
(Kominfo-HSS/AJP/29092022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *