Uncategorized

WABUP SYAMSURI ARSYAD HADIRI LAUNCHING MTQ NASIONAL XXIX TAHUN 2022 OLEH WAMENAG RI

Mewakili Bupati Hulu Sungai Selatan, siang tadi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA menghadiri kegiatan Launching Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX, yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin. Acara yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel & Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kalsel ini dihadiri pula oleh Gubernur Kalsel, H. Syahbirin Noor dan para Kepala Daerah, Bupati /Walikota se-Kalimantan Selatan. (Kamis, 25/08).

Launching MTQ Nasional XXIX ini sendiri dalam rangka promo pemantapan sekaligus kesiapan Kalimantan Selatan yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional tahun 2022, yang akan dilaksanakan dari tanggal 10 s.d 19 Oktober 2022.

Direktur Penerangan Agama Islam Kanwil Propinsi, selaku Sekretaris Panitia Pelaksana MTQ Nasional kali ini, Syamsul Bahri selaku menyampaikan bahwa moment MTQ 2022 ini merupakan yang paling ditunggu oleh masyarakat Kalsel.

“Masyarakat Kalsel tentu sangat berbangga bisa kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ, setelah puluhan tahun menanti. Terakhir Kalsel menjadi tuan rumah adalah pada MTQ Nasional Tahun 1970. Ini artinya sudah 50 tahun lebih baru bisa kembali menjadi tuan rumah.” ungkapnya.
Dari keterangan yang dilaporkannya, disampaikan bahwa MTQ XXIX berbeda dengan MTQ Nasional sebelumnya, diantaranya karena tidak dilaksanakan di satu tempat. Panitian menyiapkan 12 Venue Cabang Lomba, yang tersebar di 3 Kabupaten/ Kota, yakni di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Sementara itu Gubernur H. Syahbirin Noor dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh pihak ikut berpartisipasi penuh dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ 2022 kali ini.
“Saya meminta semua unsur, lintas dinas dan instansi, termasuk pemerintah kabupaten/ kota yang ada di Kalimantan Selatan ikut ambil bagian dalam even MTQ kali ini, sesuai kemampuan masing-masing. Kalsel harus bisa sukses melaksanakan kegiatan ini” pintanya.

Wakil Menteri Agama Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penunjukan Kalsel sebagai tuan rumah pelaksanaan sudah melalui pertimbangan yang matang, sesuai SK. Menag No.442 yakni ditinjau dengan kesiapan berbagai aspek, seperti transportasi, akomodasi, tempat dan pengalaman MTQ Tahun 1970 serta tuan rumah STQ 2011,menjadi modal utama.
Wabup Syamsuri Arsyad yang juga sekaligus sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Hulu Sungai Selatan, seusai acara mengungkapkan akan melaporkan hasil kegiatan hari ini kepada Bupati Drs. H.Achmad Fikry dan selanjutnya akan segera pula berkoordinasi khususnya dengan para pengurus LPTQ Kabupaten HSS, untuk membicarakan hal terkait apa yang bisa dilakukan dalam ikut berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan MTQ Nasional XXIX kali ini.
(Kominfo-HSS/AJP/28082022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *