Uncategorized

Wujudkan Rumah Layak Huni dan Dukung Modal Usaha Masyarakat, Bupati Serahkan Bantuan PRS dan UEP

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, didampingi Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M. AP dan Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah, S.Sos, M.Si kembali menyerahkan bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Pada kesempatan ini Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Loksado yang mendapatkan giliran penyerahan bantuan, yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Padang Batung. Jum’at (29/07/2022).

Penyaluran bantuan Program Rumah Sejahtera ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang rumahnya belum layak huni. Dimana program ini telah berjalan sejak tahun 2014 yang terus dilakukan dan terus berlanjut hingga sekarang.
Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, S.Sos, M.Si mengatakan tujuan program ini adalah untuk membantu keluarga dalam meningkatkan usaha yang telah di jalankan selama ini dengan harapan dapat menambah modal yang diberikan untuk peningkatan pendapatan keluarga.

Pada penyaluran bantuan kali ini, KPM yang berhak menerima PRS pada Kecamatan Padang Batung sebanyak 14 orang, dan UEP sebanyak 37 orang. Sedangkan Kecamatan Loksado, penerima PRS sebanyak 9 orang KPM dan UEP 1 orang. Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati kepada KPM.
Bantuan akan disalurkan melalui Bank Kalsel Syariah cabang Kandangan. Dimana besarnya bantuan untuk Program Rumah Sejahtera sebesar Rp. 17.500.000,- per KPM. Sedangkan untuk program Usaha Ekonomi Produktif sebanyak Rp. 3.000.000,- per KPM.

Bupati HSS H. Achmad Fikry pada kesempatan ini mengatakan hari ini merealisasikan program bantuan sosial PRS dari Dinas Sosial yang merupakan lanjutan sejak tahun 2014 sampai sekarang termasuk disalurkan pula bantuan modal usaha UEP.
“Mudah-mudahan dengan program ini rakyat kita juga bisa menikmati rumah yang layak huni, filosofinya adalah kalau pemimpin rumahnya layak huni maka rakyatnya juga layak huni, program ini sudah kami luncurkan sejak 2014 sampai sekarang dan sudah 5000 lebih yang di bangun”, ucapnya.
Bupati juga mengatakan masih ada sisa sedikit lagi yang belum di bangun tapi bukan berati selesai karena sejak di mulai di 2014 ada rumah yang mulai rusak lagi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa rumah sejahtera beda dengan Kabupaten lain, karena kabupaten lain hanya bedah rumah, sedangkan kalau di Kab. HSS rumahnya diperbaiki dan masyarakatnya didalam rumah pun dibantu seperti jika di dalam rumah tersebut ada lansia maka akan diberikan jaminan hidup lansia, atau penghuninya masih produktif maka akan di bantu permodalan melalui UEP (Usaha Ekonomi Produktif) untuk ia bisa mengembangkan usahanya, atau jika ada anak usia sekolah maka akan di bantu melalui program PKH, untuk urusan kesehatannya di jamin dengan BPJS.
Diakhir Bupati berharap dengan adanya bantuan pemerintah ini bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat, bagi masyarakat yang ingin mendirikan usaha dan memerlukan permodalan silahkan gunakan bantuan Bank Pemerintah, jangan meminjam dengan rentenir.

Diakhir acara, Bupati HSS berkesempatan meninjau Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang ada di Kecamatan Padang Batung, kemudian dilanjutkan meninjau bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera pada tahun 2021 atas nama Muhammad Yuseri Desa Jembatan Merah Kecamatan Padang Batung, dan Ibu Badariah Desa Kaliring Kec Padang Batung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *