Uncategorized

Tembus 10 Besar Nasional, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ikuti Penilaian PPD Tahun 2022 Tahap Ke-III

Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali berhasil menembus 10 besar pada penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI). Atas keberhasilan itu, Pemkab HSS berhak mengikuti penilaian Tahap III (tiga) verifikasi tingkat Kabupaten PPD Tahun 2022 yang berlangsung secara hybrd melalui FGD secara online. Pada Senin (28/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor M.AP didampingi Kepala Bappelitbangda Kab. HSS M. Arliyan Syahrial, M.Pd bersama jajaran anggota DPRD Kab. HSS bertempat di Ruang Media Center Setda HSS. Juga jajaran pejabat Setda Kab. HSS, Alim Ulama, para Camat, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Masyarakat yang bertempat di Aula Ramu Setda HSS. Selain itu juga diikuti oleh para Perangkat Daerah yang mengampu program unggulan yang mengikuti secara virtual ditempat masing-masing.
Kementerian Bappenas melalui surat Nomor: 03581/PP.08.01/D.9/T/03/2022 ditujukan kepada Bupati dan Kepala Bappeda tertanggal 23 Maret 2022 perihal Penyampaian Hasil Penilaian Tahap II Tingkat Kabupaten/Kota Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 menerangkan, PPD 2022 yang sedang berlangsung meliputi tiga tahap penilaian.
Pada penilaian tahap ke-II (dua) lalu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan berhasil masuk 10 besar bersama dengan Kabupaten Aceh Barat, Banggai, Bantaeng, Bantul, Bengkulu Utara, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sumedang, Tenggamus, dan Wonogiri sehingga dapat melanjutkan ke penilaian Tahap III (tiga).
Dijelaskan oleh Ir. Syahrial Loetan selaku Tim Penilai Independen, penilaian Tahap ke-III (tiga) ini memiliki bobot nilai yang paling tinggi dan terbagi menjadi beberapa tahap, dimana cakupan penilaian untuk Tahap ke-III tingkat Kabupaten ini terdiri dari 22 indikator yang meliputi 3 Aspek yaitu Pencapaian, Perencanaan, dan Inovasi. Yang mana semua itu dinilai langsung oleh Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI) dalam bentuk diskusi, tanya jawab, dan penggalian informasi, bahkan kunjungan langsung ke lapangan.
Hal ini mengulang prestasi pada tahun lalu, dimana Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan bahkan telah memperoleh peringkat Terbaik 3 Nasional pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021.
Lebih lanjut PPD ini diharapkan dapat memacu Pemerintah daerah untuk menghasilkan perencanaan pembangunan yang lebih konsisten, komprehensif dan terukur dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Daerah dan Nasional.
Keberhasilan Kabupaten Hulu Sungai Selatan masuk dalam 10 besar penilaian PPD Tahun 2022 merupakan pencapaian yang sangat menggembirakan. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kab. HSS yang meskipun berada di tengah pandemi Covid-19 tetap berupaya memaksimalkan waktu, tenaga dan pikiran, sehingga bisa berada pada tahap ketiga penilaian PPD.
Dengan harapan semoga penghargaan ini bisa memberikan motivasi untuk terus menghasilkan program pembangunan yang lebih inovatif dan serta pembangunan yang lebih berkualitas di Bumi Rakat Mufakat.
(KOMINFO/HSS/fsr/2022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *