Uncategorized

DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun 2021

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun 2021, Rabu (23/03) di gedung DPRD HSS.
Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP mengatakan LKPJ adalah kewajiban pemerintah daerah sebagai bentuk dari tranparansi hasil kinerja yang telah dilaksanakan selama ini kepada DPRD Kab. HSS.
“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang selama ini selalu menjadi mitra yang baik, sehingga pelaksanaan tugas yang dalam prakteknya terkadang ada masalah dan hambatan namun semua dapat diatasi berkat dukungan dan kerjasama semua pihak,” katanya.
Dalam laporan yang disampaikan, Bupati HSS menyampaikan banyak capaian keberhasilan pembangunan yang telah diperoleh diantaranya IPM Kab. HSS yang mengalami pertumbuhan sebesar 0,52%, Angka Harapan Hidup juga mengalami peningkatan menjadi 66,12 pada tahun 2021 yang mana pada tahun 2020 sebesar 65,97.
“Angka rata-rata Lama Sekolah kita juga mengalami peningkatan, yang ditahun 2020 sebesar, 7.75 menjadi 7.76 ditahun 2021 serta selama tahun 2021 juga terjadi penurunan ketimpangan pendapatan (Gini Ratio) dengan presentase 8,33%”, ucapnya.
Dikesempatan ini Bupati HSS juga menyampaikan untuk perkembangan investasi di Kab. HSS tahun 2021 juga meningkat sebesar 10,61% dari tahun 2020, ketersediaan pangan tahun 2021 juga mencapai 141.692 ton untuk memenuhi kebutuhan pangan sebanyak 23.474 jiwa dengan presentasi ketersediaan sebesar 603,61% serta perkembangan kelompok usaha mikro sebanyak 551 yang kemudian berkembang menjadi Wirausaha Mandiri sebanyak 441.
“Jumlah penduduk miskin kita ditahun 2021 juga mengalami penurunan dengan presentasi 6,38% dan juga tingkat pengangguran terbuka kita mengalami penurunan sebesar 8,93% serta untuk laju pertumbuhan ekonomi kita mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 4,18% ditahun 2021”, tuturnya.
Lebih lanjut Bupati HSS juga menyampaikan penghargaan tingkat Nasional dan tingkat Provinsi yang diperoleh Pemkab HSS ditahun 2021 yang diantaranya Penghargaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia PPN/Bappenas untuk Pembangunan Daerah (PPD) terbaik Tahun 2021, Penghargaan Kementerian Dalam Negeri untuk 10 Besar Kabupaten Terinovatif di Indonesia pada Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, Penghargaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai Kabupaten terbaik kategori Penetapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dengan Dana APBN 2021.
“Kita juga memperoleh Penghargaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk Kabupaten Layak Anak Peringkat MADYA Tahun 2021, Penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk Role Model Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik Tahun 2021, Penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia untuk Pemerintah Kabupaten yang berpartisipasi aktif dalam melaksanakan Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2021, serta Penghargaan Gubernur Kalimantan Selatan dengan kategori Sangat Baik dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Anak di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021”, kata Bupati HSS
Selesai pidato pengantar, Bupati HSS menyerahkan buku LKPj kepada Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, yang didampingi Wakil Ketua I Rodi Maulidi dan Wakil Ketua II H. Muhammad Kusasi.
Turut hadir, Wabup HSS Syamsuri Arsyad, FORKOPIMDA, Sekda HSS, asisten, staf ahli, dan kepala SKPD

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *