Uncategorized

RESMI DIKUKUHKAN, PENGURUS YAYASAN KANKER INDONESIA CABANG KAB. HSS MENJADI YANG PERTAMA DI PROVINSI KALSEL

Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Hulu Sungai Selatan masa bakti 2021-2026 pada hari ini resmi dikukuhkan dan dihadiri langsung oleh Ketua YKI Cabang Koordinator Kalimantan Selatan Ny. Hj. Faridah Hasan Aman. Bertempat di Pendopo Bupati, pada Kamis (20/01/22).
Pengukuhan ini dihadiri langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Forkopimda Kab. HSS, Ketua Pengadilan Agama Kab. HSS, para pengurus YKI koordinator Cabang Kalsel, para Asisten dan Staf Ahli Setda Kab. HSS, Kepala OPD Kab. HSS, para Camat beserta Isteri, juga para perwakilan Organisasi Wanita se-Kab. HSS.
Sebelum pengukuhan, kegiatan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Koordinator Cabang Kalsel tentang pengesahan pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Hulu Sungai Selatan masa bakti 2021-2026. Lalu juga ditandai dengan penyematan PIN YKI oleh Bupati HSS.
Ny. Hj. Faridah Hasan Aman selaku Ketua YKI Cabang Koordinator Kalimantan Selatan mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS atas kesediannya melantik dan mengukuhkan pengurus YKI Cabang Kab. HSS ini. Beliau mengatakan pihaknya menyambut baik dan bangga kepada Kab. HSS, karena YKI Cabang Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah Kabupaten pertama yang terlaksana pengukuhan dari 10 Kabupaten yang telah terbentuk di Provinsi Kalimantan Selatan.
Beliau juga mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pengurus YKI Cabang Kab. HSS atas pengukuhan dan pemberian apresiasi atas kerja keras yang dilakukan dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kanker di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Ditambahkannya, YKI Cabang Kalsel sebagai koordinator siap membantu apabila YKI Cabang Kab. HSS menemui kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan.
Menanggapi hal tersebut, Bupati HSS dalam sambutannya mengucapkan selamat dan turut bersyukur karena Yayasan Kanker Indonesia hadir di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Beliau sangat berharap YKI Cabang Kab. HSS ini bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lain yang peduli terhadap masalah kanker agar masyarakat memperoleh sosialisasi yang memadai terhadap masalah kanker agar segera dapat dicegah dan ditanggulangi dengan sebaik-baiknya.
Disampaikan beliau bahwa sangat diperlukannya sosialisasi terhadap permasalahan kanker untuk mengenalkan sejak dini kepada warga masyarakat betapa pentingnya kita tahu gejala-gejala kanker tersebut. Karena menurutnya sebaik-baiknya tindakan adalah mencegah daripada harus mengobati. Apalagi saat ini RSUD Brigjend Hasan Basry telah dilengkapi fasilitas kemoterapi yang sangat memadai untuk pelayanan pasien kanker.
“Pemerintah daerah akan mendukung penuh kegiatan Yayasan Kanker Indonesia Cab. HSS. Yang perlu kita tentukan adalah komunikasi yang intensif antara pengurus YKI Kab. HSS dengan Pemerintah Daerah.” ucap Bupati HSS.
Terakhir Bupati HSS mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mengawal ataupun mencegah kanker juga mengedukasi masyarakat apalagi terdekteksi untuk jangan ragu dan malu berobat karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan.
“Inilah komitmen kita, dengan semangat bersama mari kita cegah kanker di Hulu Sungai Selatan.” tutupnya.
Sementara itu Srie Astuti Syamsuri Arsyad, SKM selaku Ketua Pengurus YKI Cabang Kab. HSS dalam wawancaranya berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan pada hari ini semua anggota dapat memenuhi harapan Ketua YKI Cabang Koordinator Kalimantan Selatan dengan berbagai macam program yang akan dijalankan.
Pada kesempatan yang sama dr. Prabudi, Sp.B [K] Onk, M.Kes, FICS yang juga salah satu anggota Pengurus YKI Cabang Kab. HSS menjelaskan program terdekat yang akan dilaksanakan adalah Word Cancer Day pada tanggal 4 Februari 2022.
“Kami akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu bersama Ibu Ketua. Untuk seterusnya, biasanya kami melakukan kegiatan bersama-sama para survivor kanker. Karena sudah lumayan banyak pasien kanker di Hulu Sungai Selatan.” terangnya.
(KOMINFO/HSS/fsr/2022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *