Uncategorized

Sekda HSS Hadiri Rapat Lintas Sektoral Persiapan Nataru Dan Antisipasi Penyebaran Covid-19

Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP pagi ini menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka mempersiapkan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, serta antisipasi penyebaran Covid-19 di Kab. HSS. Bertempat di Aula Endra Dhamalaksana Polres HSS. Pada Kamis, (23/12).
Rapat Koordinasi ini merujuk pada Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/1107/XI/OPS.1.1/2021 tanggal 10 November 2021 tentang direktif Rencana Garis Besar Operasi Kepolisian Terpusat “LILIN-2021”. Juga menindaklanjuti Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 dan Inpub Nomor 23 Tahun 2021.
Rapat dipimpin langsung oleh Kapolres Hulu Sungai Selatan AKBP Sugeng Priyanto, S.IK, MH. Yang mana dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini sebagai sarana untuk saling bertukar informasi dan juga meminta masukan berkaitan apa saja yang akan dilaksanakan pihak-pihak terkait, berkenaan dengan persiapan Natal dan Tahun Baru khususnya dalam hal pengamanan agar memiliki persamaan persepsi.
Sementara itu Drs. H. Muhammad Noor, M.AP mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) akan berusaha semaksimal mungkin dan berharap kesadaran serta kerja sama seluruh pihak untuk persiapan Nataru ini. Terlebih ada pula potensi penyebaran Covid-19 harus menjadi perhatian dan kewaspadaan khususnya dari masyarakat. Termasuk diantaranya mewaspadai varian baru Covid-19, Omicron.
Dijelaskannya pula melalui operasi pengamanan yang akan dilaksanakan sampai tanggal 2 Januari 2022 ini diharapkan dapat menjaga kondusifitas di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selain itu beliau berharap masyarakat juga menumbuhkan rasa toleransi, sehingga saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah tetap merasa aman dan nyaman.
Pelaksanaan kegiatan masyarakat dan pembukaan lokasi wisata juga menjadi bahasan khusus dalam rakor ini. Dikatakan Kapolres HSS untuk malam tahun baru tidak dibenarkan adanya konvoi, petasan, maupun kembang api. Adapun untuk kegiatan wisata telah disepakati hanya 50% dari kapasitas tempat tersebut, itupun dengan prokes yang ketat.
Dalam wawancaranya, AKBP Sugeng Priyanto, S.IK, MH menjelaskan ada pembatasan-pembatasan lain pada saat malam tahun baru, diantaranya penutupan alun-alun dimulai dari sore hari, lalu tempat usaha akan dibatasi hanya sampai jam 10 malam.
“Kita harapkan wilayah Hulu Sungai Selatan tetap kondusif tidak ada gangguan selama pelaksanaan natal dan tahun baru, mohon dukungannya kepada semua pihak agar terciptanya Kamtibmas di Kab. HSS.” ucapnya.
Beliau juga menjelaskan akan ada 3 (tiga) Pos Pengamanan Nataru di Kab. HSS. Untuk perbatasan HST-HSS terletak di Kecamatan Angkinang, kemudian perbatasan Tapin-HSS terletak di Kantor Samsat Kandangan, dan untuk pengamanan pariwisata bertempat di Kecamatan Loksado. Yang mana semua titik tersebut akan diisi oleh TNI, Polri, Satpol PP, Dinkes, dan juga Pramuka.
Dalam kesempatannya beliau juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan program Pemerintah, dimana pada saat Nataru ini semua pihak sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi. Terlebih menurut beliau vaksin tersebut sudah difasilitasi oleh Pemerintah Daerah secara gratis, apalagi disediakan banyak doorprize untuk masyarakat yang sudah di vaksin salah satunya yaitu Sepeda Motor.
“Kita harapkan partisipasi dari seluruh warga bisa ikut vaksin dengan mengajak saudara atapun tetangga untuk melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing.” tutupnya.
(KOMINFO/HSS/fsr/2021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *