Uncategorized

Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ke 71

Banua Rakat Banua Babarkat, menjadi tagline yang diusung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) Ke 71. Peringatan Hari Jadi Kab. HSS digelar Pemerintah Kab. HSS di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (03/12) yang merupakan puncak perayaan bertambahnya usia Bumi Rakat Mufakat.
Meskipun masih di tengah Pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi Kab. HSS ke 71 pada hari ini Alhamdulillah bisa dilaksanakan di tempat terbuka, walaupun hanya dengan undangan terbatas, tapi tidak mengurangi kesan meriah dan makna strategis serta nilai esensial yang terkandung dalam peringatan terbentuknya Kab. HSS.
Sebelum dimulainya acara, ditampilkan persembahan Tari Pilah Paring Sanggar Karamunting binaan Dinas Pendidikan Kab. HSS, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Diawal acara, dilakukan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Qori Saifurrahman, S.Ag dan Saritilawah Sofia Khaldatun Nikmah, kemudian pembacaan doa oleh TGH. Ahmad Syairazi Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan.
Memasuki acara utama, Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE membacakan sejarah/ riwayat singkat Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kemudian penayangan Video Selayang Pandang HSS yang disiapkan Dinas Kominfo Kab. HSS.
Dalam sambutannya, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menyampaikan permohonan maaf, puncak peringatan Hari Jadi mundur satu hari karena pada tanggal 2 Desember kemarin ada acara di Banjarmasin bersama Kepala Daerah lain yang tidak boleh diwakilkan.
“Tagline hari jadi tahun ini adalah Banua Rakat Banua Babarkat, dimana hal ini mengandung makna keberhasilan kinerja pembangunan di Kab. HSS adalah berkat pelaksanaan program yang terintegrasi pada semua sektor dan didukung oleh kerjasama seluruh pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan yang hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ucapnya.
Dijelaskannya, orientasi Pemkab HSS tidak hanya pembangunan fisik semata, tapi juga pembangunan sumber daya manusia tetap menjadi fokus dan prioritas kita bersama. “Saya juga menyampaikan permohonan maaf jika ada usulan pembangunan masyarakat yang masih belum terlaksana, karena kondisi pandemi yang mengharuskan terjadinya refocusing anggaran untuk penanganan dan penanggulangan covid-19,” tuturnya.
Bupati HSS juga memaparkan dari tayangan selayang pandang telah dilihat keberhasilan yang telah diperoleh, diantaranya penurunan angka kemiskinan, pengangguran terbuka yang semakin mengecil, opini WTP dari BPK yang ke 8 kali, nilai SAKIP yang semakin baik dengan predikat BB, dan terakhir mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) peringkat 3 terbaik nasional tahun 2021.
Berbagai inovasi juga telah berhasil menghantarkan HSS di tingkat nasional. Tentu berbagai keberhasilan yang dicapai pada tahun ini, merupakan kerja keras semuanya.
Acara juga dirangkai dengan Pemotongan Nasi Astakona oleh Wakil Gubernur Kalsel, Bupati HSS dan Wakil Bupati HSS yang masing-masing beserta istri, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serentak oleh SKPD dan Kecamatan ditempat masing-masing dan disaksikan secara virtual.
Selain itu, juga dilakukan penyerahan juara lomba Desain Logo dan Tag Line Hari Jadi yang diserahkan Bupati HSS didampingi Wakil Bupati HSS. Serta diserahkannya sertifikat kekayaan Intelektual Komuna yang diserahkan Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Prov. Kalsel berupa sertifikat untuk Ketupat Kandangan, Dodol Kandangan, Lamang Kandangan dan Kayu Manis Loksado yang diberikan kepada Bupati HSS sebagai hak cipta Kab. HSS. Juga diberikan hadiah Hari Jadi Kab. HSS dari Pengasuh Ponpes Dalpa Kandangan TGH. Ahmad Syairzazi kepada Bupati HSS
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Wakil Gubernur H. Muhiddin berharap semoga dengan peluncuran Pariwisata yaitu Loksado, semoga Loksado ini semakin meningkat orang yang datang,
“kalau Loksado kita ekspos keluar daerah, InshaaAllah akan semakin menarik minat,” ucapnya
Lebih lanjut beliau mengatakan dengan tagline Banua Rakat Banua Babarkat, mudah-mudahan saja bukan hanya untuk kabupaten tapi juga untuk masyarakat di Kab. HSS.
Turut berhadir, Ibu Wakil Gubernur Kalsel Fathul Jannah Muhiddin, Forkopimda masing-masing beserta istri, Sekda Kab. HSS beserta istri, Asisten, Staf Ahli, Kepala Bagian Setda Kab. HSS, serta perwakilan setiap Partai. Acara ini juga diikuti mantan-mantan Bupati HSS, Wakil Bupati HSS, dan Sekda Kab. HSS, seluruh SKPD, serta secara daring 29 SKPD dan 11 kecamatan di kantor masing-masing, dan masyarakat bisa menyaksikan melalui Live Streaming di Channel Youtube HSS TVnet.
(Kominfo-HSS/Agtf/03122021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *