Uncategorized

Sosialisasi Prioritas Pembangunan Tahun 2022-2023 Kecamatan Daha Selatan

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali melaksanakan Dialog Pembangunan dan Sosialisasi Prioritas Pembangunan Tahun 2022–2023. Pada hari ini Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA mendengarkan aspirasi, usulan dan pendapat masyarakat di Kecamatan Daha Selatan. Bertempat di Gedung Badminton desa Banua Hanyar. Pada Senin (08/11/2021).
Sebelum berdialog dengan masyarakat, terlebih dahulu disampaikan materi yang berkaitan dengan pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan oleh Kepala Bappelitbangda Kab. HSS M. Arliyan Syahrial, M.IP dan Kepala Dinas PMD Kab. HSS Susilo Adianto, SSTP, M.Si. Kemudian arahan dari Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, kemudian dilanjutkan penyampaian usulan ataupun aspirasi oleh beberapa perwakilan desa yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan kondisi yang terjadi di desanya, dan harapan masyarakat untuk program pembangunan di Kecamatan Daha Selatan.
Dalam arahannya, Bupati HSS mengajak semua pihak untuk berfokus mendiskusikan secara lebih dalam lagi atas apa yang akan dicapai Kecamatan Daha Selatan, diantaranya yaitu “Kelotok Ambulan” serta mobil pengangkut sampah. Hal ini disampaikan Bupati agar pada penerapannya nanti dapat berfungsi sesuai apa yang direncanakan.
Lebih lanjut beliau mengingatkan warga di Kecamatan Daha Selatan untuk selalu menjaga protokol kesehatan, dan yang lebih penting lagi agar ikut berpartisipasi mensukseskan vaksinasi Covid-19.
Sedangkan Wabup HSS dalam kesempatannya mengatakan, impletasi dari jumlah penduduk Daha Selatan yang masuk kedalam 3 kecamatan terpadat di HSS yaitu sekitar 40.802 jiwa, yang mana menurutnya akan menimbulkan berbagai macam dampak. Beliau mengatakan inilah yang akan jadi pemikiran Pemkab kedepan untuk benar-benar menata serta mengelola rencana desain kota di wilayah Daha tersebut.
Sementara itu Nafarin, S.STP, M.Si selaku Camat Daha Selatan dalam wawancaranya mengatakan untuk permasalahan vaksinasi pihaknya melakukan dengan sistem “door to door” atau secara langsung mendatangi rumah masyarakat untuk memberikan vaksin. Dan jika ada masyarakat yang keberatan maka akan diberikan penjelasan tentang pentingnya vaksinasi bahwasanya vaksin tersebut aman dan sehat.
Beliau juga mengatakan Kecamatan Daha Selatan memerlukan tambahan mobil sampah yang mempunyai kapasitas lebih besar, hal ini bertujuan agar aktivitas pengangkutan sampah dapat mencakup seluruh daerah di kecamatan dalam satu kali pengangkutan. Hal yang lebih penting lagi disampaikannya diadakannya Ambulan di desa Muning Baru dan transoprtasi “Kelotol Ambulan” untuk desa Muning Dalam. Dikarenakan jarak desa yang lumayan jauh sekitar 8-9 km yang menyebabkan sulitnya penanganan kepada masyarakat yang memerlukan pengobatan.
Lebih lanjut Nafarin mengatakan prioritas yang paling utama di daerahnya yaitu pembangunan jalan dan jembatan. Beliau berharap agar adanya pengembangan kawasan dengan pembangunan jalan untuk masalah pemecahan kepadatan penduduk. Hal ini diharapkan dapat mengakomodasi pembangunan 10-20 tahun kedepan.
Turut hadir pada Dialog Pembangunan kali ini para Kepala Perangkat Daerah Kab. HSS, Forkopimcam Kecamatan Daha Selatan, Danramil, Kapolsek, Ketua MUI Kec. Daha Selatan, Kepala Pengadilan Agama Kecamatan Daha Selatan, para Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), para perangkat desa, Karang Taruna, Forum Anak, Tim Relawan Daha (TRD), dan lainnya.
(KOMINFO/HSS/fsr/2021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *