Uncategorized

HSS RAIH 2 KATEGORI PENGHARGAAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kab. HSS ikuti gelaran penutupan Festival Iklim Tahun 2021, di Aula Dispera Kab. HSS. Selasa (19/10/21).
Dalam acara puncak Festival Iklim Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual ini, Kabupaten Hulu Sungai Selatan raih dua kategori penghargaan, yaitu Penerima Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kota/Kabupaten, dan Penerima Sertifikat Proklim Utama.
Festival yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini telah dilaksanakan sejak 5 Oktober 2021, dengan mengusung Tema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.
Dalam sambutannya Menteri KLHK Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc menyampaikan, bahwa Program Kampung Iklim yang telah berjalan di sejumlah wilayah, berkontribusi besar dalam penurunan emisi gas rumah kaca.
“Hasil penghitungan pengurangan emisi gas rumah kaca di 312 lokasi proklim yang diverifikasi pada 2021 ini dengan menggunakan aplikasi Spektrum yakni sebesar 761.445 ton CO2 ekuivalen”,ucap Menteri KLHK.
Adapun, hasil tersebut didapatkan dari berbagai upaya pelaksanaan adaptasi dan mitigasi di lapangan. Berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya meningkatkan ketahanan pangan pada tingkat tapak, konservasi tanah dan air, penghematan, dan konservasi energi.
Dengan berbagai upaya dan buah hasil yang baik, Menteri KLHK memberikan apresiasi terhadap masyarakat yang telah melaksanakan aksi nyata di lokasi Program Kampung Iklim.
“Pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat juga pada pihak yang mendukung pengembangan dan pengayaan aksi di lokasi proklim termasuk kementerian lembaga, dunia usaha, akademisi, organisasi no-pemerintah, lembaga keuangan, dan lembaga mitra pembangunan”,tuturnya.
Pada acara penutupan Festival Iklim 2021, KLHK juga memberikan penghargaan pada sejumlah wilayah yang menjalankan Program Kampung Iklim. Penghargaan tersebut meliputi tropi ProKlim utama pada 54 lokasi, piagam apresiasi pada pembina proklim di 7 provinsi, 8 kota dan 23 kabupaten. Selain itu piagam apresiasi juga diberikan pada 9 perusahaan pendukung proklim serta 198 lokasi Proklim mendapatkan sertifikat Proklim Utama.
Kepala Dispera KPLH Kab. HSS Ronaldy Prana Putra, SSTP, M.Si, dalam wawancaranya menjelaskan bahwa Kabupaten Hulu Sungai Selatan ada 5 desa yang mendapatkan Sertifikat Proklim Utama.
“Yaitu Desa Tambak Bitin Kecamatan Daha Utara, Desa Lingau Kecamatan Kandangan, Desa Tibung Raya Kecamatan Kandangan, Desa Padang Batung Kecamatan Padang Batung, dan Desa Pakuan Timur Kecamatan Telaga Langsat”, jelas Kepala Dispera KPLH Kab. HSS.
Lebih lanjut Ronaldy mengatakan, target pada tahun selanjutnya Kabupaten Hulu Sungai Selatan bisa mempertahankan prestasinya bahkan mampu meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.
“Pada tahun 2019 Kabupaten kita juga pernah meraih prestasi Sertifikat Proklim Utama, dan Tahun 2021 ini kita kembali meraihnya dan InsyaaAllah tentunya tahun mendatang Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan kembali mengikuti Proklim ini dengan target jenjang yang lebih tinggi yaitu Lestari”, lanjutnya.
(KOMINFOHSS/MKS/21)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *