Uncategorized

RESMI BUKA MUSDA II DMI KAB. HSS, BUPATI HSS TEGASKAN PROGRAM KERJA DMI FOKUS PADA PENANGANAN COVID-19

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA secara resmi membuka kegiatan musyawarah daerah (Musda) II Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kandangan, Kamis (23/09/2021).
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Kandangan Lothvie Rahmanie, SSTP, M.Si, Kepala Bagian Kesra Setda HSS Fajar Abdi, ST, Ketua BAZNAS H. A. Suriani, Wakil Ketua 1 MUI Kab. HSS TGH. Muhammad Jamhari Muhdin, Sekretaris Umum MUI Kab. HSS H.M Khairani, S.Pd.i, S.Sos, dan para Pengurus DMI Kab. HSS.
Ketua Panitia Musda II DMI Kab. HSS Drs. H. Sayuti, HD dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah masjid dan langgar yang ada di HSS kini kian meningkat dengan jumlah masjid sebanyak 176 dan langgar sebanyak 649.
“Peningkatan jumlah masjid dan langgar tersebut, menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan beribadah dan menuntut ilmu agama juga kian meningkat. Fungsi masjid dan langgar juga sudah semakin luas, bukan hanya untuk tempat beribadah tetapi juga menjadi tempat pembinaan persaudaraan umat,” ucap Ketua Panitia DMI.
Dalam sambutan Ketua DMI Kab. HSS yang diwakili Kepala Biro Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM Drs. H. Muhammad Arsyad mengatakan, tujuan digelarnya Musda ini antara lain untuk pemilihan ketua dan penyusunan kepengurusan DMI Kab. HSS masa bakti 2021-2025, merumuskan dan menetapkan tata kelola organisasi, serta merumuskan program kerja DMI Kab. HSS.
“Dengan banyaknya kader, pastinya akan memberikan dampak positif yang mampu memperkokoh solidaritas dan memperkuat budaya organisasi DMI Kab. HSS, serta meningkatkan semangat beribadah dan menuntut ilmu yang telah terbentuk di dalam diri masyarakat,” tutupnya.
Sementara itu, Bupati mengatakan bahwa peran DMI sangatlah penting, sebab dengan adanya organisasi yang berfokus pada perkembangan masjid, baik dari segi aktifitas dan fasilitasnya, maka segala permasalahan diharapkan dapat diakomodir dengan baik.
“Tentu dengan adanya berbagai program yang telah tersusun, baik jangka pendek maupun jangka panjang, di masa Pandemi ini, kami harapkan DMI Kab. HSS bisa memfokuskan program kerjanya pada penanganan Covid-19. Ini pesan kami, terus bersinergi dan saling bantu, juga tingkatkan peran serta ulama untuk meyakinkan masyarakat secara terus-menerus tentang pentingnya protokol kesehatan saat melakukan apapun, termasuk ibadah di masjid dan langgar,” pesan Bupati.
Di akhir acara, dilaksanakan pula penyerahan bantuan alat kesehatan secara simbolis dari DMI Prov. Kalsel kepada perwakilan masjid-masjid yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *