Uncategorized

Penyuluhan Bahasa, Tingkatkan Kualitas Bahasa Indonesia Pegawai Pemkab HSS

Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Sekda Kab. HSS) Drs. H. Muhammad Noor, M.AP membuka secara resmi kegiatan Penyuluhan Daring Bahasa Indonesia Bagi Instansi Daerah di Kab. HSS yang digelar Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (Prov. Kalsel), bertempat di Media Center Setda, Rabu (15/09).
Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan, Sekda atas nama Pemkab HSS menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Bahasa Prov. Kalsel, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang melaksanakan kegiatan ini.
Melalui kegiatan ini, Sekda H. Muhammad Noor berharap para pegawai di instansi daerah Kab. HSS dapat meningkatkan sikap positif terhadap penggunaan Bahasa Indonesia dalam kesehariannya, dan juga meningkatkan kemampuan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam tata naskah dinas bagi pegawai di instansi daerah.
Selain itu, kepada para ASN, setelah adanya penyuluhan ini diharapkan terjadi peningkatan sikap keteladanan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya dalam pelaksanaan tugas di instansi masing-masing.
Penyuluhan ini merupakan bekal pengetahuan yang lengkap dari dasar, mulai dari kosakata baku, pilihan kata dan istilah dalam persuratan, dan juga ejaan dalam surat dinas dengan memperhatikan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia.
Pada kegiatan penyuluhan tersebut, berbagai materi penyuluhan bahasa disampaikan.
Menurut Kepala Balai Bahasa Prov. Kalsel M. Luthfi Baihaqi, program ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kualitas Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
“Penyuluhan Bahasa Indonesia ini dimaksudkan untuk memberikan pembinaan agar dalam penulisan naskah dinas harus berdasarkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Harapan kami agar seluruh organisasi pemerintah daerah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan bisa menjadi pengguna bahasa yang cerdas dan mampu menggunakan bahasa dalam mengkomunikasikan informasi dengan baik dan benar,” ungkapnya.
Turut mendampingi Sekda di Media Center, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Siti Erma, S.Sos, M.AP, dan Kepala Bagian Hukum Setda Fitri, SH.
(Kominfo-HSS/Agtf/15092021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *