Uncategorized

Penyerahan Dana Hibah, Bupati HSS : Bentuk Perhatian Pemerintah Untuk Mensetarakan Pendidikan

Bupati HSS terus memberikan perhatian dalam pengembangan pendidikan di Kab. HSS. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan memberikan bantuan hibah kepada Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Guru PAI, dan juga hibah dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), dengan total dana yang diberikan sebesar 725 juta rupiah.
Bantuan untuk pengembangan pendidikan di Bumi Rakat Mufakat itu diserahkan langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Sekda Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP di Aula Ramu Setda Kab. HSS, Selasa (06/07).
Dalam keterangannya, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengatakan hari ini menyerahkan bantuan hibah ke Kementerian Agama untuk program sertifikasi guru-guru agama mulai dari PAUD sampai SMP sebanyak 25 orang yang dilaksanakan di UIN Palangkaraya.
“Mudah-mudahan upaya Pemerintah Daerah untuk mensetarakan guru agama kita agar bisa punya sertifikat guru, karena standarnya bersertifikat. Inilah upaya pemerintah daerah untuk membantu guru-guru agama yang mengajar di PAUD sampai dengan SMP,” harap Bupati.
Lebih lanjut Bupati mengatakan yang kedua juga diserahkan 40 BOSDA, bantuan BOSDA ini telah berjalan selama 3 tahun yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang memang tumbuh dari masyarakat dengan status swasta, karena swasta tentu tidak dapat dana dari pemerintah.
“Ini bentuk perhatian pemerintah untuk mensetarakan pendidikan di bawah Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama, tidak ada dikotomi, tidak ada pemisahan, pemerintah akan selalu berada di pihak kawan-kawan agama, apapun yang bisa dilakukan pemerintah, maka akan dibantu sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini adalah upaya kita yang mudah-mudahan bisa meningkatkan kualitas sumber daya anak-anak kita, yang mana sistem pendidikannya dikelola oleh Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama,” katanya.
Bupati berharap bantuan ini bisa membantu untuk sertifikasi 25 orang guru agama dan 40 sekolah di tahun ke tiga dengan program BOSDA.
Pemberian bantuan dana hibah ini sebagai bentuk tanggung jawab Pemkab HSS terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran bagi lembaga pendidikan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Siti Erma, S.Sos, M.AP melaporkan dana hibah untuk Pendidikan Profesi Guru Agama Islam/ sertifikasi Guru PAI, yang berada pada satuan guru PAUD, SD, dan SMP yang sudah mengikuti seleksi uji kompetensi akademik secara online, diberikan kepada sebanyak 25 orang, terdiri dari guru TK 4 orang, 15 orang Guru SD, dsn Guru SMP6 orang. Anggaran biaya 5 juta perorang dengan jumlah keseluruhan 125 juta rupiah.
Ditambahkannya juga bantuan kedua yang diberikan yaitu hibah dana BOSDA untuk lembaga pendidikan yang dikelola masyarakat/ swasta yang telah mengajukan proposal hibah dan sudah di verifikasi. Hal ini brrtujuan untuk membantu lembaga pendidikan dalam mengelola standar pelayanan terutama biaya tenaga pendidik dan kependidikan yang masih non PNS. Lembaga yang menerima berjumlah 40 sekolah swasta yang tersebar di wilayah Kab. HSS. Diberikan 15 juta perlembaga dengan jumlah total 600 juta rupiah. Sehingga jumlah total keseluruhan dana hibah yang dikucurkan Pemkab HSS senilai 725 juta rupiah.
(Kominfo-HSS/Agtf/06072021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *