Uncategorized

Melalui Rakoor PK2D, Pemkab HSS Serius Tingkatkan Kualitas Keluarga

Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D) di wilayah Kalimantan Selatan sudah mulai memasuki evaluasi tahap pertama dari Provinsi Kalimantan Selatan, salah satunya adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan desa binaannya yaitu Desa Badaun Kecamatan Daha Barat.
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Selatan (PPKBPPPA Kab. HSS) menggelar Rapat Koordinasi Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (Rakoor TPK2D) terkait Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa Badaun Kecamatan Daha Barat, yang berlangsung di Aula Kantor Dinas PPKBPPPA, Kamis (24/06).
Rakor ini dihadiri Kepala Bidang Kualitas Hidup dan Keluarga Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan (Kabid KHPK Dinas PPPA Prov. Kalsel) Ir.Titik Haryanti, MP, Wakil Ketua Pokja I TP-PKK Prov. Kalsel Hairani, S.AP, Sekretaris TP-PKK Kab. HSS Hj. Murziah, dan SKPD terkait yang berhubungan dengan peningkatan kualitas keluarga di Kab. HSS.
Rakoor TPK2D ini hanya penegasan dan arahan dengan tujuan supaya dinas terkait melakukan pembinaan dan memberikan bantuan sesuai dengan fungsi dan bidangnya.
Plt. Kepala Dinas PPKBPPPA Kab. HSS Hanti Wahyuningsih, SKM, MPH mengatakan rapat koordinasi yang merupakan evaluasi terhadap pelaksanaan peningkatan kualitas keluarga daerah ini merupakan evaluasi yang pertama, dari sini Pemkab HSS sudah banyak mendapatkan masukan dan saran dari Ibu-Ibu Provinsi dan untuk tindak lanjutnya nanti sudah terarah karena ada data, dimana itu ada nama, alamat, keluarga-keluarga yang memang masih belum memenuhi dari indikator itu akan ditindak lanjuti di masing-masing SKPD.
“Tadi disampaikan misalnya masih ada perkawinan anak, kemudian juga masalah air bersih, jamban, itu nanti akan kita tuntaskan mudah-mudahan bisa tuntas. Karena evaluasi yang kedua di bulan Oktober, jadi kita masih ada waktu untuk bisa menindaklanjuti yang belum tuntas tadi. Harapan kami nantinya semoga bisa menuntaskan untuk peningkatan kualitas keluarga khususnya di Desa Badaun,” tuturnya.
Sementara itu, Kabid KHPK Dinas PPPA Prov. Kalsel Titik Haryanti menjelaskan evaluasi kegiatan TPK2D di Kab. HSS tadi sudah dipaparkan Plt. Kadis, pada dasarnya evaluasi yang disampaikan sudah cukup bagus dan ada beberapa tambahan.
“Beberapa fokus kegiatan sasaran dari indikator yang ada itu harus tindakan untuk perbaikan bisa lebih difokuskan, seperti memecahkan permasalahan beberapa keluarga tunggal yaitu perempuan kepala rumah tangga, jadi harus ditingkatkan kesejahteraannya, ketahanan keluarganya, dengan kegiatan apa. Jadi hanya penambahan-penambahan kegiatan yang lebih fokus untuk memecahkan masalah yang ada di Desa Badaun,” jelasnya.
Selain itu, Wakil Ketua Pokja I TP-PKK Prov. Kalsel Hairani berharap untuk TP-PKK Kab. HSS agar Dasa Wisma supaya benar-benar bergerak untuk peningkatan kualitas keluarga, karena Dasa Wisma itu langsung di desa tersebut, jadi untuk peningkatannya bisa langsung terhadap masyarakat.
(Kominfo-HSS/Agtf/24062021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *