Uncategorized

Serahkan Bantuan Beras, Bupati HSS Ajak Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Sekda Drs. H. Muhammad Noor, M.AP secara simbolis menyerahkan bantuan beras kepada warga Desa Karang Paci Kecamatan Kalumpang, Senin(11/05).
Bantuan beras yang berasal dari Pemerintah Kab. HSS ini ditujukan kepada warga yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.
Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Moch Adib, SKM, M.Kes melaporkan bahwa terdapat 112 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan beras di Desa Karang Paci Kecamatan Kalumpang. Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram beras.
“Untuk di HSS, Desa Karang Paci dapat bantuan beras karena yang terdampak banjir dan lumayan lama terendam. Beras bagi terdampak bencana memang disediakan dari bulog dan ada dilumbung pangan masyarakat. Kami juga masih ada cadangan pangan di bulog sebanyak 75.000 kilogram, jadi siap kalau ada di kecamatan lain di wilayah Kab. HSS yang disalurkan,” ungkapnya.
Lebih lanjut beliau menjelaskan cadangan pangan pemerintah ini disalurkan ke kelurahan/desa jika ada kekurangan ketersediaan pangan dimasyarakat, terjadi kesulitan akses, atau terjadi bencana alam, yang bisa dikeluarkan atas persetujuan dari Bupati melalui verifikasi lapangan.
Dalam sambutannya, Bupati H. Achmad Fikry selalu mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan, apalagi sudah mendekati lebaran idul fitri. Beliau meminta masyarakat setelah sholat idul fitri, agar tidak bersalam-salaman karena covid-19 di Kab. HSS masih ada. Ini semua dilakukan agar tidak terjadi penambahan baru kasus covid-19.
Selesai kegiatan, Bupati HSS dalam wawancaranya mengatakan telah menyerahkan beras kepada 112 KK di Desa Karang Paci yang terdampak banjir, karena terdampak banjir sehingga usaha mereka tidak bisa berjalan hingga akhirnya mereka butuh bantuan, berupa beras.
“Beras yang kita berikan adalah beras cadangan pangan, karena kita punya beras cadangan pangan yang setiap saat bisa kita salurkan ke masyarakat setelah dilakukan verifikasi oleh Dinas Ketahanan Pangan,” ucapnya.
Dijelaskan Bupati, bantuan ini telah mendapat penilaian dari Kepala Desa, Camat, dan Dinas Ketahanan Pangan kepada siapa yang memang memerlukan bantuan, karena itulah ada 112 kepala keluarga yang mendapatkan masing-masing 10 kilogram.
“Semangatnya adalah dimana masyarakat butuh maka pemerintah ada,” tutur Bupati.
Penyerahan ini juga dihadiri Camat Kalumpang, Forkopimcam, Kepala Desa Karang Paci, dan 10 kepala keluarga perwakilan penerima bantuan.
(Kominfo-HSS/Agtf/11052021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *