Home / Daftar Informasi Publik / ASN Pemkab Hulu Sungai Selatan Kembali Diingatkan Netralitas

ASN Pemkab Hulu Sungai Selatan Kembali Diingatkan Netralitas

Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 2018 dilaksanakan di Pendopo Kabupaten HSS, Rabu, (4/4/2018).

Kegiatan sosialisasi netralitas ASN pada Pilkada HSS ini secara resmi dibuka Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah H Hubriansyah.

Hadir pada kegiatan ini para ASN di HSS mulai dari Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten HSS, Camat se Kabupaten HSS, Lurah se Kecamatan Kandangan, serta Kepala Sekolah mulai Tingkat TK hingga SMP.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah, H Hubriansyah membacakan sambutan tertulis Plt Bupati HSS H Ardiansyah menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Hubriansyah juga menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilu, baik Pemilihan Presiden, Pemilihan Gubernur, maupun Bupati atau Walikota, seringkali menimbulkan kelompok-kelompok masyarakat yang memihak pada salah satu pasangan calon.

Secara umum di HSS, keberadaan kelompok-kelompok tersebut masih berada dalam kondisi damai dan tidak sampai menimbulkan konflik. Namun tentunya, potensi konflik dapat saja terjadi jika ada pemicunya.

Sehingga keberadaan ASN yang netral sangatlah penting sebagai penengah dan tidak turut serta memperkeruh suasana.

“Tidak dapat dipungkiri, kemungkinan ASN yang tidak netral dari sekian banyak ASN kita bisa saja masih terjadi,” katanya.

Untuk itu kepada para pejabat pengawas, pejabat administrator, dan para kepala sekolah agar dapat memberikan pemahaman kepada para ASN kita untuk bersikap netral. Sehingga pelaksanaan Pilkada 2018 di HSS dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, pada kegiatan sosialisasi itu menghadirkan narasumber Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Iwan Setiawan.

Dia mengingatkan para ASN tentang sumpah janji yang telah diucapkan saat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sumpah janji itu diantaranya berbunyi, “Akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat Pegawai Negeri Sipil, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan sendiri, seseorang atau golongan.”

Menurutnya, keterlibatan ASN dalam politik biasanya “dilibatkan”, atau “melibatkan diri.”

About aulia

Check Also

Bberita Hoax

Dalam rangka mencegah dan menghindari informasi dan berita-berita hoax, Forum Wartawan Hulu Sungai Selatan (HSS) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *